159 Siswa Baru MAN 2 Ambon Ikuti MOS

159 Siswa Baru MAN 2 Ambon Ikuti MOS

159 Siswa Baru MAN 2 Ambon Ikuti MOS

 

Sebanyak 159 Siswa Baru MAN 2 Ambon mengikuti pelaksanaan Masa Orientasi Siswa

(MOS) yang bertujuan untuk memperkenalkan MAN 2 Ambon serta cara-cara pembelajarannya kepada para siswa baru.

“Pelaksanaan MOS ini juga bertujuan untuk menggali potensi akademik maupun non akademik dari siswa Baru, yang nantinya dapat turut menunjang mereka dalam menempuh pembelajaran selama di madrasah,” kata kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Ambon Nurdin Nur Marasabessy, S. Pd, saat membuka secara resmi pelaksanaan MOS di MAN 2 Ambon, Senin, (27/7).

Marasabessy menjelaskan pelaksanaan MOS ini merupakan kegiatan

yang cukup strategis dalam memberikan torehan nilai-nilai positif awal bagi para siswa baru sehingga nilai-nilai positif tersebut dapat menjadi modal mereka dalam berinteraksi di madrasah yang berciri khas Islam itu.

Siswa MAN 2 Ambon, tambahnya, dituntut untuk dapat menjadi cerminan siswa yang berkualitas di Maluku. Cerminan itu dapat benar-benar terwujud jika mereka dapat menunjukan dirinya sebagai siswa yang cerdas dan berakhlak sesuai motto madrasah.

Untuk mendorong siswa yang cerdas berakhlak tersebut, maka pihaknya

telah mengupayakan berbagai langkah strategis yaitu dengan penataan madrasah yang sejuk dan nyaman serta melengkapi berbagai fasilitas yang pendidikan yang ada sehingga siswa dapat nyaman belajar dan beraktivitas di madrasah ini.

“Kalian dapat belajar dengan nyaman dan tenang di sini, sebab berbagai fasilitas telah disiapkan oleh madrasah, misalnya dengan pembangunan “paparissa”, diharapkan konsep madrasah sebagai taman benar-benar dapat terwujud di madrasah ini.” ujar Marasabessy.

Dijelaskan lebih lanjut, para peserta supaya tidak perlu khawatir saat mengikuti MOS karena pelaksanaannya akan jauh dari unsur-unsur kekerasan sebagaimana yang sering dikhawatirkan banyak pihak.

Terlebih MAN 2 Ambon sebagai institusi pemerintah di bawah kementerian agama selalu mengupayakan para siswanya untuk memiliki moral dan akhlak yang baik.

Marasabessy berharap agar para siswa baru ini nantinya dapat memiliki kebanggaan dan kecintaan yang besar kepada almamater serta mampu membawa harum almamaternya melalui berbagai tindakan positif di tengah-tengah masyarakatnya.

“Setiap siswa MAN 2 Ambon mesti bangga dan cinta kepada almamaternya, serta mampu menunjukan kualitas dirinya di tengah-tengah masyarakatnya, Itulah ciri-ciri siswa yang berkualitas” harapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Penerimaan siswa baru Dra. Wardiah Umarella mengungkapkan jumlah siswa yang masuk ke MAN 2 Ambon pada tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Peserta yang mendaftar tahun ini seluruhnya berjumlah 189 siswa namun yang diterima dan memenuhi kriteria seluruhnya berjumlah 159 orang. Sementara tahun lalu siswa yang masuk hanya berjumlah 101 orang sehingga trend kenaikan siswa bisa lebih dari 60 persen,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, Pelaksanaan MOS akan berlangsung dari tanggal 27 Juli hingga berakhir pada tanggal 1 Agustus 2015 mendatang.

Pelaksanaan MOS akan diisi dengan serangkaian kegiatan antara lain pemberian materi pengenalan MAN 2 Ambon dan cara pembelajaran, Pengembangan Minat Bakat, Pembinaan Mental Kerohanian serta pembinaan kedisiplinan melalui Pramuka. MOS juga akan diisi dengan Porseni antar peserta.

Bagi Peserta terbaik dan pemenang Porseni , tambahnya, nantinya juga akan mendapatkan hadiah dari pihak madrasah dan sponsor yakni Telkomsel.

 

Sumber :

https://zalala.co.id/malam-lailatul-qadar/