HMI Badko Jabar Gelar Sekolah Demokrasi

HMI Badko Jabar Gelar Sekolah Demokrasi

HMI Badko Jabar Gelar Sekolah Demokrasi

Meningkatkan wawasana kepemiluan, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

Badan Koordinasi (Badko) Jawa Barat menyelenggarakan sekolah demokrasi di Balai Pelatihan Tenaga Koperasi dan UMKM Jalan Soekarno Hatta 708, Bandung, Jumat (11/1/2019).

Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Pemuda (PTKP) Badko HMI Jawa Barat, Muhammad Fajar Firdaus berharap adanya kegiatan tersebut dapat menjadikannya sebagai sebuah kegiatan yang positif dalam peningkatan kapasitas perihal demokrasi dan kepemiluan sebelum terjun kelapangan sebagai pamantau pemilu yang sudah terdaptar di Bawaslu

Ketua Umum Badko HMI Jawa Barat, Khoirul Anam Gumilar Winata, menjelaskan

kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Badko HMI kepada perpolitikan bangsa, khususnya dalam memilih kepala negara yang jujur, bersih, adil dan bisa membuat perubahan yang lebih baik bagi Indonesia.

Selain itu, meski kerawanan dalam pemilu untuk Jabar terbilang sedang namun dibutuhkan badan independen yang mau bergerak bersama Bawaslu dan KPU baik dalam menyukseskan Pemilu maupun mengamankan Proses Pemilu di Jawa Barat di setiap tahapannya.

“Hari ini kami mengundang perwakilan mahasiswa dari beberapa universitas di jawa barat untuk mengikuti sekolah demokrasi, sekolah demokrasi ini merupakan bukti nyata dari kami, akan kepedulian kami terhadap perpolitikan di indonesia khususnya terhadap kepala negara yang akan terpilih nanti,” jelasnya.

Anam menambahkan, dalam kegiatan ini nantinya para perwakilan yang saat ini i

kut dalam kegiatan itu, akan menyebar luaskan segala bentuk informasi dan ilmu yang didapatkan dari para pemateri bersama Bawaslu dan KPU kota dan kabupaten asal sebelum nantinya para mahasiswa dan mahasiswi ini terlibat lebih mendalam, untuk ikut serta melakukan pengawasan di setiap daerahnya masing masing.

“Nantinya perwakilan mahasiswa ini akan menyebar luaskan informasi kepada teman temannya yang lain dengan pendampingan dari bawaslu dan kpu dari tiap tiap daerah di tempat asalnya, sebelum nantinya para mahasiswa ini turut aktif dalam pengawasan di daerahnya masing masing,” lanjutnya.

Di tempat sama anggota Bawaslu RI, Rahmat Bagja, menyambut baik kegiatan yang digelar HMI Badko Jabar tersebut. Dia berharap kegiatan semacam itu tak hanya berlangsung saat Pemilu 2019 saja, tapi terus berkesinambungan dalam menjaga demokrasi di Indonesia agar tetap pada jalurnya.

“Dan kami berharap dari kegiatan ini akan melahirkan kader-kader himpunan, banyak kader-kader pergerakan mahasiswa yang aktif dan mahasiswa yang ikut aktif menjaga dan mengawal Pemilu sampai kapan pun,” tegasnya

 

Sumber :

https://gumroad.com/dosenpendidikan