Menu Editor pada Visual Basic

Menu Editor pada Visual Basic

Menu Editor pada Visual Basic

Menu merupakan sebuah fitur yang harus tersedia dalam sebuah program atau aplikasi. Dalam Visual Basic terdapat faslitas Menu Editor dimana kita bisa membuat menu dengan cepat dan mudah.

Misalkan kita ingin membuat menu File, Edit, dan Help. Dalam menu File terdapat submenu New, Open, dan Exit. Sedangkan dalam menu Edit terdapat submenu Cut, Copy, dan Paste. Seperti gambar berikut.

Untuk membuka menu Editor ada beberapa cara:

Klik kanan pada form, kemudian klik Menu Editor.

Klik Toolbar Menu Editor pada Toolbar .

Pada menu Tool pilih Menu Editor, atau tekan Ctrl + E.

Ketikkan menu yang pertama yaitu &File pada Caption: . Caption merupakan nama yang akan dimunculkan pada menu. tanda & pada &File akan memberi garis bawah pada nama menu. Jika kita mengetik &File maka pada menu akan muncul File. Jika dijalankan, kita bisa mengakses menu file dengan menekan ALT + huruf yang yang bergaris bawah (ALT + F untuk File).

Kemudian pada Name: isi dengan nama menu, isi misalnya mnFile. Dimana Name tidak boleh sama dengan menu yang lainnya dan harus diisi. Nantinya kode untuk mengisi perintah pada setiap menu berdasarkan even name yang anda buat.

Sekarang kita menambahkan submenu New pada menu File. Klik di bawah menu File pada list.

Pada Caption dan Name ketikkan &New dan mnNew. Gunakan tanda panah ke kanan untuk menggeser menu New sehingga menjadi bagian (submenu) dari menu File. Pada kolom Shortcut pilih Ctrl + N, untuk shortcut sebenarnya bebas asalkan tidak sama dengan menu lainnya atau boleh tidak diisi. Pada menu file tidak boleh diisi shortcut karena menu file merupakan top menu. Shortcut hanya boleh diisi pada submenu.

Untuk menu yang lain langkahnya sama seperti diatas. Buat semua menu seperti di bawah ini:

Visible, apakah menu akan ditampilkan atau tidak. Centang untuk menampilkankan dan hilangkan centang untuk menyembunyikan. Jika anda menghilangkan centang pada top menu, maka sub-sub menu yang ada dalam menu tersebut juga tidak akan ditampilkan.
Enabled, apakah menu bisa diklik (hidup) atau tidak (mati). Centang untuk menghidupkan.
Insert, Delete untuk menyisipkan dan menghapus menu.
Checked, tampilan menu dalam kondisi Checked atau dicentang, seperti gambar berikut

Sumber : https://downloadapk.co.id/