Orang Tua SDN Kedungbadak 2 Protes Soal Paket Wisata

Orang Tua SDN Kedungbadak 2 Protes Soal Paket Wisata

Orang Tua SDN Kedungbadak 2 Protes Soal Paket Wisata

SDN Kedung Badak 2, di Jalan Kolonel Enjo M, Kecamatan Tanahsareal, Kota Bogor,

diduga memaksa para siswanya untuk mengikuti paket wisata, di antaranya ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, museum listrik dan Pantai Carnaval Ancol. Berdasarkan informasi yang dihimpun, jalan-jalan ini akan dilaksanakan awal Februari mendatang dengan menggunakan bus travel.

Para siswa itu pun diwajibkan untuk merogoh kocek senilai Rp 23o ribu/orang, bagi siswa kelas I-VI.

“Kami hanya dikasih selebaran dari pihak sekolah, agar orangtua murid memilih salah satu paket

dari tiga tempat yang akan dituju,” ujar salah seorang wali murid Iis kepada Metropolitan, kemarin.

Ia mengungkapkan, isi surat itu langsung berisikan paket wisata yang harus dipilih, bukan pembelajaran di luar ruangan. Menurutnya, para orangtua murid merasa penasaran dengan sebutan paket wisata, sebab yang namanya wisata merupakan jalan-jalan dan tidak ada hubungannya dengan tema materi pembelajaran.

“Kalau ke TMII apa hubungannya dengan tema pembelajaran kelas 1. Kalau kelas lain, boleh lah.

Karena, masuk dalam meteri pembelajaran. Makanya, kami heran. Kalau kelas 1, cukup mengenal jenis-jenis hewan,” bebernya

Menanggapi hal ini, Kepala SDN Kedung Badak 2 Siti Nurmi membenarkan adanya rencana paket wisata tersebut. Tapi, ia membantah, pihak sekolah memaksa harus ikut.

“Kalau tidak ikut, tidak jadi masalah. Bahkan, tidak ada pemaksaan dan penekanan terhadap siswa yang tidak ikut,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, paket wisata ke TMII itu sudah masuk dalam program kelender pembelajaran di sekolah ini. Bahkan, sudah mendapat restu dari pembina pengawas SDN Kedung Badak 2, yaitu Untung.

“Jadi, saya sudah berkoordinasi dengan pak Untung. Bahkan, ia menyetujui untuk dilaksanakan,” pungkasnya

 

Baca Juga :