OSIS SMP 1 Lareh Sago Halaban Gelar LDK

OSIS SMP 1 Lareh Sago Halaban Gelar LDK

OSIS SMP 1 Lareh Sago Halaban Gelar LDK

Latihan Dasar Kepemimpinan yang diadakan oleh OSIS SMP 1 Lareh Sago

Halaban Kabupaen Limapuluh Kota bertempat di lingkungan sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 27 orang dari pengurus OSIS ini di fasilitasi oleh Yayasan Wahana Alam Hijau, penyelenggara pelatihan motivasi, transfomation leadership training, dari Pontianak Kalimantan Barat.

“Program seharian ini dibagi dalam dua sesi dengan porsi seimbang antara teori dan praktek. Materi pelatihan ini meliputi konsep diri, pengembangan potensi diri, dasar dasar kepemimpinan, prinsip prinsip kepercayaan diri serta kemampuan membentuk kerjasama tim (team building –red), “ujar kepala sekolah setempat M. Yusuf Lubis, S.Pd diruang kerjanya, Selasa (29/3).

Dijelaskan M. Yusuf Lubis, selain gelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

, juga yang sangat menarik dari program ini adalah pengemasan acara yang sistematis yang mengundang antusias peserta dalam berpartisipasi dalam setiap segmen segmen yang di gelar.

Acara di mulai dengan opening dan perkenalan, serta pekikan semangat, orasi pembakar semangat dari Eldi Harpen Joni selaku direktur Wahana Alam Hijau. Setelah cukup materi dalam ruangan diberikan, Peserta dibawa ke luar ruangan untuk melaksanakan program berbasis game.

Materi  streshing, yel-yel dan permainan dalam lingkaran untuk menentukan kelompok,

dan memecah sekat antara peserta pun di mulai, begitu banyak games, yang menantang peserta untuk berkomunikasi, memilih strategi, menahan diri untuk tidak terlalu cepat agar anggota team yang lain bisa mengimbangi, belajar mendengarkan dengan benar.

M. Yusuf Lubis, S.Pd selaku kepala sekolah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Dengan Latihaan Dasar Kepemimpinan ini nantinya pengurus OSIS memahami potensi diri, mampu membangun karakter serta memiliki sikap kepemimpinan yang mandiri dan percaya diri untuk tampil di khalayak ramai.

Sehingga nantinya setelah program ini selesai maka semua kegiatan yang bersifat extra kurikuler dapat di percayakan pengelolaannya kepada pengurus OSIS dibawah bimbingan majelis guru terkait, harapnya.

“Program pelatihan ini digelar setelah sebelumnya sudah ada kegiatan Motivasi Berprestasi untuk kelas 9 dalam rangka menyiapkan mental siswa dalam menghadapi Ujian Nasional di awal Maret mendatang, “ucapnya

 

Baca Juga :