Revitalisasi Gedung SMPN 6 Luput dari Perhatian Pemda Tangsel

Revitalisasi Gedung SMPN 6 Luput dari Perhatian Pemda Tangsel

Revitalisasi Gedung SMPN 6 Luput dari Perhatian Pemda Tangsel

Marak pembangunan gedung sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Kota Tangsel. Sayangnya dengan banyak pembangunan sekolah tapi luput dari perhatian pemerintah daerah maupun pusat untuk revitalisasi gedungnya.

Hal ini seperti dialami gedung SMPN 6 di Jalan Rawa Lele Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel. Hingga kini masih  sekolah tersebut berdiri dengan kondisi gedung lama digunakan untuk kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Usia sekolah ini terbilang tua, berdiri sejak tahun 1984. Pada tahun 1989

mendapat penambahan beberapa ruang kelas dan fasilitas  lainnya. Namun sayang perawatan gedung tidak segera disertakan oleh revitalisasi gedung seperti harapan para murid dan dewan guru,” kata Hari, Komite Sekolah, Rabu (25/7/2018).

Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 6 Tangsel Allan juga menambahkan, gedung SMPN 6 sudah seharusnya mendapat perhatian khusus dari para pimpinan di Tangsel. Gedung sekolah ini sudah tua banyak mengalami kerusakan di mana-mana.

“Di antaranya, ada beberapa sudut gedung bagian atas bagian tengah dan lantai bawah

sudah sangat memprihatinkan kondisinya,” ujar Kepsek SMPN 6 kepada Reaksi.

Allan berharap, tempatnya bertugas di SMPN 6 mendapat prioritas pembangunan dalam waktu dekat. “Sepanjang saya bertugas di SMPN 6 ini, saya sudah beberapa kali mengajukan renovasi/revitalisasi ke Pemda Tangsel maupun pemerintah pusat,” tutur dia.

“Saya dan juga dewan guru disini kerab dihinggapi rasa kekhawatiran pada saat melaksanakan KBM. Faktor negatif pada gedung bangunan sekolah berdampak pada penerapan ilmu ke para siswa, terutama siswi yang khawatir. Padahal orangtua murid menitipkan anaknya ke kami untuk menuntut ilmu di sekolah ini (SMPN 6),” terang dia. Untuk itu, Allan berharap agar secepatnya mendapat perhatian dari organisasi perangkat daerah atau satuan kerja perangkat daerah terkait sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi.

Iqbal, mantan Kepsek SMPN 6 dan sekarang menjabat Kepsek SMPN 16 Tangsel

mengatakan bahwa kondisi gedung SMPN 6 terbilang tua. Di mana dinamika pendidikan menuntut sarana prasarana yang lebih baik dalam penerapan ilmu. Karena setiap sekolah harus bersaing dalam meraih preatasi, tetapi harus didukung dengan sarana dan prasara memadai.

 

Sumber :

https://www.belajarbahasainggrisku.id/