SMP PGRI 16 Raih Akreditasi A

SMP PGRI 16 Raih Akreditasi A

SMP PGRI 16 Raih Akreditasi A

SMP PGRI 16 Kota Bogor berhasil meraih akreditasi A (amat baik) dengan nilai 93 dari target 92.

Nilai tersebut merupakan capaian tertinggi dari sebuah kualitas, baik sarana pra sarana maupun konsep ajar sekolah yang berlokasi di Jalan Cermai Ujung, Kelurahan Bantar Jati, Kecamatan Bogor Utara tersebut.

Beberapa tahun sebelumnya, SMP PGRI 16 Kota Bogor memiliki nilai B. “Berarti, ini ada peningkatan kualitas dalam berbagai komponen secara komprehensif dan signifikan dari Akreditasi B menjadi Akreditasi A,” kata Kepala SMP PGRI 16 Pandi Santoso kepada Metropolitan di ruang kerjanya, kemarin.

Atas peraihan nilai tersebut, mantan Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor ini juga mengucapkan syukur atas karunia Allah SWT atas prestasi ini. Bahkan, ia mengucapkan terima kasih kepada wali siswa dan seluruh siswa, khususnya para guru, tenaga kependidikan, Ketua Komite SMP PGRI 16, dan semua jajaran wakil kepala sekolah.

Menurut Pandi, akreditasi sekolah memiliki beberapa tujuan yaitu, untuk memberikan informasi t

entang kelayakan sekolah atau program yang dilaksanakannya berdasarkan standar nasional pendidikaan (SNP). Kemudian, memberikan pengakuan peringkat kelayakan serta memberikan rekomendasi tentang penjaminan mutu pendidikan kepada program dan/atau satuan pendidikan yang diakreditasi dan pihak terkait.

“Hasil dari akreditas ini akan bermanfaat untuk meningkatkan mutu sekolah dan rencana pengembangan sekolah. dan tentunya akan memotivasi sekolah kami untuk terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kota, provinsi dan nasional,” tandasnya.

Jadi, tambah Pandi, bagi guru, hasil akreditasi merupakan dorongan untuk selalu meningkatkan diri

dan bekerja keras dalam memberikan layanan terbaik bagi peserta didiknya, guna mempertahankan dan meningkatkan mutu sekolah. Sementara bagi masyarakat dan khususnya orangtua peserta didik, hasil akreditasi diharapkan menjadi informasi yang akurat tentang layanan pendidikan yang ditawarkan oleh setiap sekolah, sehingga secara sadar dan bertanggung jawab masyarakat dan khususnya orangtua dapat mengetahui tingkatan standar sekolah.

“Dan bagi peserta didik, hasil akreditasi akan menumbuhkan rasa percaya diri bahwa mereka memperoleh pendidikan yang baik, dan harapannya, sertifikat dari sekolah/madrasah yang terakreditasi merupakan bukti bahwa mereka menerima pendidikan bermutu dan terstandar nasional,” pungkasnya

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/SFQVB5M